rumahdekat18@gmail.com 6282188892023
BERITA KEGIATAN
Jum'at, 28 Januari 2022
KKP Kelas III Ternate Gelar OJT Pengambilan Spesimen Swab Nasopharing untuk Pemeriksaan Antigen
...

Kepala KKP Kelas III Ternate, dr. Aulianto, menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai garda terdepan dalam melakukan cegah tangkal dan penapisan orang dalam perjalanan dalam masa pandemik COVID-19 sehingga petugas KKP dituntut memiliki kemampuan untuk melakukan pengambilan sampel swab nasopharing. Selain itu KKP Kelas III Ternate juga mendapatkan alokasi Rapid Antigen dari Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan RI.

Adapun peserta dalam pelatihan ini terdiri dari Dokter sebanyak 2 orang, Perawat sebanyak 6 orang serta Pranata Laboratorium Kesehatan sebanyak 1 orang. Narasumber berasal dari RSUD. Soa Sio Tidore, dr. Zuhrinah Ridwan, M.Kes., Sp.PK dengan mambawakan materi tentang pengambilan spesimen dan penggunaan rapid diagnostik test antigen serta dilanjutkan dengan praktek dan pemeriksaan material hasil swab. Untuk praktek wajib dilakukan oleh peserta dan bergantian sebagai pasien. Kepada peserta diharuskan untuk menyelesaikan praktek dan membuat laporan all-record.

Diharapkan dengan selesainya OJT ini maka Petugas KKP Kelas III Ternate sudah dapat melaksanakan pengambilan sample swab test Covid 19 di lingkungan Pelabuhan dan Bandara. (Tim PID)


Jum'at, 28 Januari 2022
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara KKP Kelas III Ternate dengan FK. Unkhair dan RSUD dr. Chasan Boesoirie Ternate
...

Ternate (19/8/2021). Untuk meningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta pelaksanaan pendidikan profesi dibidang Ilmu Kedokteran, pada hari Kamis, tanggal 19 Agustus 2021, bertempat di ruang Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ternate, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja sama tri-partit antara pihak Fakultas Kedokteran Universitas Khairun Ternate yang diwakili oleh Dr. Marhaeni Hasan, Sp.A.,M.M selaku Dekan FK Unkhair, Dr. Syamsul Bahri MS Hi. Idris, Sp.OG.,S.H.,M.M.Kes selaku Direktur RSU Dr. Chasan Boesirie, dan Dr. Aulianto selaku Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate. Penandatanganan perjanjian kerja sama turut disaksikan oleh perwakilan dari masing-masing pihak yaitu, Ketua Prodi Profesi Kedokteran, Wakil Direktur RSU Dr. Chasan Boesirie, dan Kasubbag Adum KKP Kelas III Ternate.

Perjanjian Kerja sama ini  diselenggarakan dalam rangka Pendidikan Kedokteran dengan jenis kegiatan Pendidikan dokter adalah IKM-IKK. Tujuan dilaksanakannya perjanjian kerja sama adalah :

  1. Terciptanya hubungan antara perguruan tinggi dengan rumah sakit sebagai wahana Pendidikan dibidang kedokteran
  2. Terciptanya hubungan antara perguruan tinggi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate sebagai penyelenggara kekarantinaan Kesehatan di wilayah kerja bandara, pelabuhan dan lintas batas darat negara
  3. Terciptanya tenaga-tenaga professional dibidang kedokteran sebagai salah satu upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa
  4. Meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi  PARA PIHAK sesuai kewenangan yang dimiliki, berdasarkan atas Kerjasama yang saling mendukung, melengkapi, menyempurnakan dan menguntungkan Para Pihak.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama meliputi :

  1. Peningkatan pelayanan Kesehatan, dengan menyelenggaran upaya Kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat
  2. Pendidikan tenaga Kesehatan professional FK-UNKHAIR
  3. Penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat
  4. Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi tenaga Kesehatan professional FK-UNKHAIR dibidang Kekarantinaan Kesehatan

Berita ini disiarkan oleh Tim PID Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate, Kompleks Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate (Tim PID).